Jual Bibit Bebek Tegal

Jual Bibit Bebek Tegal


Jual Bibit Bebek Tegal - Informasi Lebih lanjut Telp 085204442226 Jual Bibit Bebek Berkualitas. Seluruh wilayah jawa bisa kirim langsung sampai kandang bayar setelah sampai. Luar jawa kirim via cargo pesawat.

Ternak bebek sekarang makin populer. permohonan terhadap daging bebek selalu semakin bertambah. dulu peternak bebek lebih memfokuskan pada produksi telur, sedangkan daging hanya sebagai produk samping. Daging bebek dipanen sesudah masa produktifitas bertelurnya habis. Sekarang banyak ternak bebek yang mengarah pada daging.
Masyarakat umum umumnya menganggap sama antara itik serta bebek. walau sebenarnya terdapat sedikit ketaksamaan antara itik dengan bebek. Itik memiliki ciri tubuh lebih ramping, berjalan tegak, tubuhnya mirip botol serta gerakannya gesit. sedang bebek tubuhnya lebih lebar, berjalan horizontal dan gerakannya lambat. Namun dalam penjelasan kali ini, kita tidak membedakan antara itik dan bebek, mengingat umumnya proses budidayanya relatif sama.



Jual Bibit Bebek Tegal


Jl. Dr. Moh. Hatta No.4, Kota Blitar, Jawa Timurckquote>

0852 0444 2226 / 0852 0444 2224
q

Jual Bibit Bebek Tegal

Jual Bibit Bebek Tegal


Jaman sekarang udah ada bebek teristimewa pedaging dan bebek petelur. Namun sesungguhnya peternak di Indonesia membudidayakan bebek buat diambil keduanya, baik telur ataupun dagingnya. tdk seperti ternak ayam yang sangat spesifik serta tdk bisa disamakan antara budidaya ayam petelur dengan ayam pedaging.

Tahu beberapa jenis bebek
Bebek Jawa
bebek jawa merupakan bebek lokal asi Indonesia. bebek ini banyak dibudidayakan di Pulau Jawa. jadi bebek lokal, bebek jawa cukuplah produktif dalam membuahkan telur. Dalam satu tahun bebek ini mampu bertelur 250-300 butir. bebek mulai bisa bertelur pada umur 5-6 bulan, serta terus produktif hingga usia 2 tahun.
Bebek Kalimantan
bebek Kalimantan atau juga dikenal dengan nama alabio merupakan salah satu tipe bebek yang banyak dibudidayakan. sesungguhnya ada tipe bebek kalimantan lainnya ialah bebek nunukan. akan tetapi tidak demikian popular dibanding bebek alabio. bebek Alabio ukuran tubuhnya lebih besar dibandingkan bebek jawa. bebek betina berwarna kuning keabu-abuan. Ujung bulu di sisi sayap, dada, leher serta kepala berwarna hitam. bebek Alibio jantan sekujur tubuhnya berwarna abu-abu kehitaman. Telur bebek alibio semakin besar dibanding bebek Jawa. kapabilitas bertelur bebek ini kira-kira 150-225 butir per tahun.
Bebek Bali
Sama dengan namanya bebek ini berasal dari Bali. Konon sebelumnya berwujud bebek liar yg didomestikasi petani setempat untuk dijinakan. bebek bali mempunyai warna badan yang beragam. kekuatan bertelurnya lebih sedikit ketimbang bebek jawa dan bebek alabio, seputar 140-145 butir per tahun. bebek bali baru bisa bertelur dengan normal setelah berumur 23-24 minggu.
Indian Runner
bebek indian runner berasal dari Belanda serta Belgia. bebek style ini cocok dibudidayakan di ikilm Indonesia. bahkan juga banyak yang memandang jadi bebek asli Indonesia. Bentuk badan bebek indian runner mirip dengan bebek jawa, ramping serta berjalan tegak seperti botol. Warna tubuhnya kecoklatan. Produksi telurnya 150-250/musim.
Bebek pedaging
Selain beberapa jenis bebek di atas, terdapat bebek berbagai model bebek pedaging. Atau biasa juga disebut bebek, yakni bebek peking, bebek aylesbury serta bebek muscovi.
Persiapan kandang bebek
Ternak bebek dapat dilakukan dengan sistem penggembalaan atau metode kandang. di dalam kian sulitnya lahan penggembalaan, sekarang beberapa peternak banyak yang berganti ke mode kandang. Telah banyak peternak yg tunjukkan dengan metode kandang, budidaya bebek masih produktif bertelur. dibawah ini beberapa hal yang penting dilihat dalam usaha ternak bebek.

a. Cara budidaya
Seperti telah disinggung awal kalinya, ada dua sistim ternak bebek yaitu langkah penggembalaan dan sistem kandang. Kedua sistim tersebut memilik plus minusnya sendiri-sendiri. Metode penggembalaan banyak digunakan oleh banyak peternak tradisional, misalnya beberapa peternak di daerah pantai utara Jawa.

Dengan sistem penggembalaan pengeluaran buat pakan dapat lebih irit. Bebek mencari sendiri pakan yang ada di alam, seperti tumbuh-tumbuhan, cacing dan lain-lain. umumnya kualitas telur yang dibuat dengan skema penggembalaan lebih baik, warna kuning telurnya sempurna. Bila di proses berubah menjadi telur asin benar-benar baik.

tetapi metode ini belumlah semestinya dapat diterapkan di semua tempat. Mengingat bertambah kurangnya area serta tenaga kerja penggembala yang susah diperoleh, sistim ini bertambah tidak populer. di lain bagian, langkah budidaya dengan kandang udah makin maju. sejumlah praktek ternak bebek dalam kandang menunjukkan produktivitas yg tidak kalah baik. Kualitas telur yang dibuat bisa dikontrol dengan pemberian pakan yang tepat. Terdapat beberapa tipe kandang buat ternak bebek, selanjutnya penuturannya:

Kandang type pekarangan. model kandang ini berwujud pekarangan yg sekelilingnya di pagari. Bebek beraktivitas seperti makan, minum, berenang dalam lingkungan itu. Kandang ini berwujud terbuka, namun disiapkan kandang untuk berteduh. apabila malam datang atau hujan, bebek dapat masuk buat berteduh ke dalam kandang.
Kandang terkurung atau type postal. Berupa suatu bangunan besar yang mimiliki atap dan dinding. Dinding biasanya terbuat dari kisi-kisi bambu. Bebek dilewatkan berkeliaran dalam lingkungan kandang. Dalam kandang di letakkan bermacam layanan seperti tempat pakan, minum atau jika sangat mungkin kolam berenang. Dasar kandang bisa berupa tanah atau semen yg diberi sekam padi.
Kandang tipe baterei. Dalam kandang ini 1-2 bebek ditaruh dalam kotak yang terpisah. umumnya dibikin dari kisi-kisi bambu, seperti pada budidaya ayam petelur mendalam. Kandang tipe baterei dapat di letakkan di dalam atau luar ruang. Dengan type kandang battery, tidak disiapkan kolam buat berenang.
b. Memilih model kandang
Model kandang seperti apa yang cocok buat saya? mungkin itu pertanyaan yg ada di akal pembaca. Pemilihan model kandang amat terkait dengan tersedianya sumber daya seperti, lokasi, luas area, tenaga kerja dan modal. Berikut perihal yg perlu dipertimbangkan dalam pilih tipe kandang.

jika lahan yang ada cukup luas dapat dipertimbangkan kandang model pekarangan. Kandang ini memerlukan tempat yang luas, namun investasi untuk pembuatan kandang dapat ditekan karena pekerjaan bebek bakal dihabiskan di pekarangan. Kandang pekarangan sesuai diaplikasikan pada terak bebek semi intens.
Bila lahan yang tersedia terbatas, dapat dipertimbangkan type kandang terkurung atau type baterei. Kandang model ini relatif tidak membutuhkan lahan luas, tetapi biaya pembuatan kandangnya lumayan besar. Kandang model ini cocok untuk budidaya mendalam.
Pertimbangkan pula maksud ternak bebek. kalau fokus pada produksi telur serta daging, mode tekurung serta baterai bisa dimanfaatkan. namun kalau punya tujuan untuk pembibitan/reproduksi, semestinya pikirkan jenis pekarangan atau kandang terkurung, dimana di dalamnya disajikan layanan kolam buat berenang.
pilih bibit bebek
Untuk hasil ternak bebek yg maksimum, seharusnya muai dengan menentukan bibit yang baik. Ada tiga trik buat dapatkan bibit bebek, ialah:

Membeli telur tetas dari induk bebek yang dapat dibuktikan kwalitasnya. Telur ditetaskan sendiri dengan inkubator.
Memproduksi sendiri telur dengan mengawinkan indukan jantan dan betina. perihal ini dapat dijalankan kalau kita miliki bibit yang bermutu, dan juga memiliki layanan pembibitan sendiri.
Membeli Day Old Duck (DOD) dari toko peternakan atau peternak lain.
Pakan ternak bebek
Ternal bebek baik untuk tujuan peterlur atau pedaging butuh pakan yg berkualitas. Pada bebek petelur, kwalitas telur yang dibuat tergantung dengan type pakan yang diberikan. Berikut ini beberapa jenis pakan bebek.

a. Model pakan
Ada dua jenis pakan ternak bebek, yaitu pakan alami dan pakan konsentrat (pabrikan). Pakan alami bisa berbentuk keong dan kepaa udang. sedang pakan konsentrat bisa di beli dipabrik, atau untuk menghemat bisa diramu sendiri.

Bila kita membeli pakan dari pabrik, sekurang-kurangnya terdapat tiga style pakan buat semasing fase pertumbuhan. tahap awal diperuntukan buat bebek berusia 0-8 minggu, sesi grower untuk umur 8-18 minggu dan babak layer umur 18-27 minggu. Pakan tahap awal sedikitnya miliki kandungan protein 20-22%, fase grower 17-19% serta babak layer 15-17%.

Pakan konsentrat dapat diramu dari berabagi bahan. Syaratnya ramuan itu memenuhi kandungan protein sedikitnya dan cocok untuk pakan unggas. tersebut salah satunya contoh pakan konsentrat yg diramu sendiri.

Bahan baku Awal (prosen) Grower (prosen) Layer (prosen)
Jagung giling 25 20 15
Dedak halus 40 50 60
Ubi kayu 5 5 5
Tepung ikan 20 15 10
Bungkil kelapa 5 5 5
Bungkil kedelai 5 5 5

b. Langkah pemberian pakan
Teknik memberikan pakan pada bebek yg baru netas hingga berumur 21 hari seharusnya disediakan dalam baki pakan (tray feeder). Sedangkan untuk bebek di atas 21 hari bisa disebar dilantai dan dikasihkan lewat cara terus terusan. demikian pula dengan pembrian air minum, untuk anak bebek 0-7 hari seharusnya imbuhkan vitamin pad air minum. lalu air minum disajikan dalam wadah khsus dalam kandang dengan cara terus-terusan. Berikut ini tabel jumlahnya pakan ternak bebek:

usia (minggu) Jumlah (gr) Umur (minggu) Jumlah (gr)
1 15 12 76
2 30 13 76
3 40 14 70
4 60 15 70
5 65 16 80
6 70 17 80
7 70 18 85
8 72 19 90
9 74 20 90
10 74 21 90
11 75 22 100
Jual Bibit Bebek Tegal




Jual Bibit Bebek Tegal


Jl. Dr. Moh. Hatta No.4, Kota Blitar, Jawa Timur


0852 0444 2226 / 0852 0444 2224

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Harga Bibit Bebek Peking Medan

Harga Bibit Bebek Sayur

Jual Bibit Bebek Kediri