Harga Bibit Bebek Serati

Harga Bibit Bebek Serati


Harga Bibit Bebek Serati - Butuh Info? Telp 085204442226 Jual Bibit Bebek Berkualitas. Seluruh wilayah jawa bisa kirim langsung sampai kandang bayar setelah sampai. Luar jawa kirim via cargo pesawat.

Ternak bebek sekarang ini bertambah populer. keinginan terhadap daging bebek senantiasa bertambah. dulu peternak bebek lebih menitik beratkan pada produksi telur, dan daging cuma untuk produk samping. Daging bebek dipanen sesudah masa produktifitas bertelurnya habis. saat ini banyak ternak bebek yg berorientasi pada daging.
penduduk umum kebanyakan merasa sama antara itik serta bebek. meski sebenarnya terdapat dikit perbedaan pada itik dengan bebek. Itik memiliki ciri tubuh lebih ramping, berjalan tegak, tubuhnya menyerupai botol dan gerakannya lincah. dan bebek tubuhnya lebih lebar, berjalan horizontal dan gerakannya lamban. tapi dalam uraian kali ini, kita tidak memilah antara itik dan bebek, mengingat umumnya proses budidayanya relatif sama.



Harga Bibit Bebek Serati


Jl. Dr. Moh. Hatta No.4, Kota Blitar, Jawa Timurckquote>

0852 0444 2226 / 0852 0444 2224
q

Harga Bibit Bebek Serati

Harga Bibit Bebek Serati


Jaman sekarang udah ada bebek spesial pedaging serta bebek petelur. tapi sesungguhnya peternak di Indonesia membudidayakan bebek untuk diambil keduanya, baik telur atau dagingnya. tidak seperti ternak ayam yg sudah sangat spesifik dan tidak dapat disamakan pada budidaya ayam petelur dengan ayam pedaging.

Kenal beberapa jenis bebek
Bebek Jawa
bebek jawa adalah bebek lokal asi Indonesia. bebek ini banyak dibudidayakan di Pulau Jawa. menjadi bebek lokal, bebek jawa cukuplah produktif dalam membuahkan telur. Dalam 1 tahun bebek ini dapat bertelur 250-300 butir. bebek bisa mulai bertelur pada umur 5-6 bulan, dan masih produktif sampai umur 2 tahun.
Bebek Kalimantan
bebek Kalimantan atau juga di kenal dengan nama alabio adalah salah satunya type bebek yang banyak dibudidayakan. memang ada model bebek kalimantan lain yaitu bebek nunukan. tetapi tdk demikian populer dibanding bebek alabio. bebek Alabio ukuran tubuhnya lebih besar dibanding bebek jawa. bebek betina berwarna kuning keabu-abuan. Ujung bulu di sisi sayap, dada, leher serta kepala berwarna hitam. bebek Alibio jantan sekujur tubuhnya berwarna abu-abu kehitaman. Telur bebek alibio tambah besar ketimbang bebek Jawa. kapabilitas bertelur bebek ini sekitar 150-225 butir per tahun.
Bebek Bali
Sesuai namanya bebek ini datang dari Bali. Konon sebelumnya berupa bebek liar yang didomestikasi petani ditempat untuk dijinakan. bebek bali punyai warna tubuh yang beragam. kebolehan bertelurnya lebih sedikit ketimbang bebek jawa dan bebek alabio, sekitar 140-145 butir per tahun. bebek bali baru bisa bertelur dengan normal selesai berusia 23-24 minggu.
Indian Runner
bebek indian runner berasal dari Belanda dan Belgia. bebek style ini cocok dibudidayakan di ikilm Indonesia. bahkan juga banyak yg menganggap sebagai bebek asli Indonesia. Bentuk tubuh bebek indian runner menyerupai dengan bebek jawa, ramping dan berjalan tegak seperti botol. Warna tubuhnya kecoklatan. Produksi telurnya 150-250/musim.
Bebek pedaging
Disamping jenis-jenis bebek diatas, terdapat bebek berbagai model bebek pedaging. Atau biasa ikut disebut bebek, yakni bebek peking, bebek aylesbury serta bebek muscovi.
Persiapan kandang bebek
Ternak bebek dapat dilakukan dengan langkah penggembalaan atau sistem kandang. Di tengah bertambah sulitnya tempat penggembalaan, kini para peternak banyak yang beralih ke skema kandang. Telah banyak peternak yang tunjukkan dengan sistem kandang, budidaya bebek masih produktif bertelur. Berikut ini berbagai hal yang wajib diperhatikan dalam upaya ternak bebek.

a. Langkah budidaya
Seperti telah disinggung sebelumnya, ada dua sistem ternak bebek yaitu sistim penggembalaan serta sistem kandang. ke-2 cara tersebut memilik plus minusnya sendiri-sendiri. Metode penggembalaan banyak difungsikan oleh banyak peternak tradisional, contohnya beberapa peternak di daerah pantai utara Jawa.

Dengan mode penggembalaan pengeluaran buat pakan dapat lebih irit. Bebek mencari sendiri pakan yang berada di alam, seperti tumbuh-tumbuhan, cacing dan lain-lain. kebanyakan mutu telur yg dihasilkan dengan skema penggembalaan lebih baik, warna kuning telurnya prima. apabila di proses berubah menjadi telur asin begitu baik.

akan tetapi cara ini belumlah tentu dapat dipraktekkan di semua tempat. Mengingat kian terbatasnya lahan dan tenaga kerja penggembala yg sulit diterima, sistim ini semakin tak disukai banyak orang. di lain sisi, langkah budidaya dengan kandang telah semakin maju. sejumlah praktik ternak bebek dalam kandang memperlihatkan produktivitas yang tdk kalah baik. mutu telur yang dihasilkan dapat dikontrol dengan pemberian pakan yg tepat. ada sejumlah tipe kandang untuk ternak bebek, selanjutnya pembicaraannya:

Kandang jenis pekarangan. type kandang ini berupa pekarangan yg sekelilingnya di pagari. Bebek mengerjakan aktivitas seperti makan, minum, berenang dalam lingkungan itu. Kandang ini miliki sifat terbuka, tetapi disiapkan kandang untuk berteduh. kalau malam tiba atau hujan, bebek dapat masuk buat berteduh ke kandang.
Kandang terkurung atau model postal. berbentuk satu bangunan besar yang mimiliki atap dan dinding. Dinding umumnya terbuat dari kisi-kisi bambu. Bebek dibiarkan berkeliaran dalam lingkungan kandang. Dalam kandang ditaruh beragam sarana seperti tempat pakan, minum atau bila memungkinkan kolam berenang. basic kandang dapat berbentuk tanah atau semen yang ditaburi sekam padi.
Kandang jenis battery. Dalam kandang ini 1-2 bebek di letakkan dalam kotak yang terpisah. Biasanya dibuat dari kisi-kisi bambu, sebagaimana pada budidaya ayam petelur sungguh-sungguh. Kandang type baterei dapat diletakkan di dalam atau luar tempat. Dengan type kandang baterai, tidak disiapkan kolam untuk berenang.
b. Menentukan jenis kandang
Tipe kandang seperti apa yang cocok untuk saya? mungkin itu pertanyaan yang ada di benak pembaca. Pemilihan model kandang sangatlah terkait dengan tersedianya sumber daya seperti, lokasi, luas area, tenaga kerja dan modal. Berikut perihal yang perlu dipertimbangkan dalam pilih jenis kandang.

kalau lahan yang tersedia cukuplah luas bisa dipertimbangkan kandang type pekarangan. Kandang ini butuh lahan yang luas, tapi investasi buat pembuatan kandang bisa ditekan sebab kegiatan bebek akan dihabiskan di pekarangan. Kandang pekarangan sesuai diaplikasikan pada terak bebek semi mendalam.
jika lahan yang tersedia hanya terbatas, dapat dipertimbangkan model kandang terkurung atau model baterei. Kandang model ini relatif tidak memerlukan tempat luas, tapi biaya pembuatan kandangnya cukup besar. Kandang model ini cocok buat budidaya intens.
pikirkan juga arah ternak bebek. kalau fokus pada produksi telur serta daging, skema tekurung dan baterai bisa digunakan. namun bila memiliki tujuan untuk pembibitan/reproduksi, semestinya pikirkan model pekarangan atau kandang terkurung, dimana di dalamnya disiapkan layanan kolam untuk berenang.
menentukan bibit bebek
buat hasil ternak bebek yang optimal, seharusnya muai dengan menentukan bibit yang baik. Ada tiga cara buat dapatkan bibit bebek, ialah:

beli telur tetas dari induk bebek yg terbukti kwalitasnya. Telur ditetaskan sendiri dengan inkubator.
menghasilkan sendiri telur dengan mengawinkan indukan jantan dan betina. masalah ini bisa dilakukan kalau kita punyai bibit yang bermutu, dan juga punyai fasilitas pembibitan sendiri.
beli Day Old Duck (DOD) dari toko peternakan atau peternak beda.
Pakan ternak bebek
Ternal bebek baik untuk tujuan peterlur atau pedaging perlu pakan yang memiliki kualitas. Pada bebek petelur, kualitas telur yg dibuat terkait dengan model pakan yang diberikan. Berikut ini beberapa jenis pakan bebek.

a. Style pakan
Ada dua style pakan ternak bebek, yakni pakan alami serta pakan konsentrat (pabrikan). Pakan alami dapat berbentuk keong dan kepaa udang. dan pakan konsentrat dapat di beli dipabrik, atau untuk mengirit bisa diramu sendiri.

kalau kita membeli pakan dari pabrik, sekurang-kurangnya ada tiga tipe pakan untuk masing-masing sesi pertumbuhan. babak awal diperuntukkan bagi bebek berusia 0-8 minggu, fase grower buat usia 8-18 minggu serta fase layer usia 18-27 minggu. Pakan babak awal minimal miliki kandungan protein 20-22%, sesi grower 17-19% serta fase layer 15-17%.

Pakan konsentrat bisa diramu dari berabagi bahan. Syaratnya ramuan tersebut penuhi kandungan protein sedikitnya serta sesuai untuk pakan unggas. Berikut salah satu contoh pakan konsentrat yang diramu sendiri.

Bahan baku Awal (prosen) Grower (prosen) Layer (%)
Jagung giling 25 20 15
Dedak halus 40 50 60
Ubi kayu 5 5 5
Tepung ikan 20 15 10
Bungkil kelapa 5 5 5
Bungkil kedelai 5 5 5

b. Metode pemberian pakan
Langkah memberi pakan pada bebek yang baru netas sampai berusia 21 hari semestinya disediakan dalam baki pakan (tray feeder). dan untuk bebek diatas 21 hari bisa ditebar dilantai serta dikasihkan dengan cara terus terusan. Demikian juga dengan pembrian air minum, untuk anak bebek 0-7 hari sebaiknya imbuhkan vitamin pad air minum. seterusnya air minum disediakan dalam wadah khsus di dalam kandang lewat cara tak henti. dibawah ini tabel banyaknya pakan ternak bebek:

Umur (minggu) Jumlah (gram) Umur (minggu) Jumlah (gr)
1 15 12 76
2 30 13 76
3 40 14 70
4 60 15 70
5 65 16 80
6 70 17 80
7 70 18 85
8 72 19 90
9 74 20 90
10 74 21 90
11 75 22 100
Harga Bibit Bebek Serati




Harga Bibit Bebek Serati


Jl. Dr. Moh. Hatta No.4, Kota Blitar, Jawa Timur


0852 0444 2226 / 0852 0444 2224

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Harga Bibit Bebek Peking Medan

Harga Bibit Bebek Sayur

Jual Bibit Bebek Kediri