Harga Bibit Bebek Unggul

Harga Bibit Bebek Unggul


Harga Bibit Bebek Unggul - Hubungi CS kami Telp 085204442226 Jual Bibit Bebek Berkualitas. Seluruh wilayah jawa bisa kirim langsung sampai kandang bayar setelah sampai. Luar jawa kirim via cargo pesawat.

Ternak bebek sekarang kian populer. keinginan terhadap daging bebek terus bertambah. dulu peternak bebek lebih menitik beratkan pada produksi telur, sedang daging hanya sebagai produk samping. Daging bebek dipanen setelah periode produktifitas bertelurnya habis. Sekarang banyak ternak bebek yang fokus pada daging.
penduduk umum umumnya memandang sama pada itik serta bebek. meski sebenarnya ada sedikit perbedaan antara itik dengan bebek. Itik punyai ciri tubuh lebih ramping, berjalan tegak, tubuhnya mirip botol dan gerakannya lincah. sedang bebek tubuhnya lebih lebar, berjalan horizontal serta gerakannya lambat. tapi dalam uraian kesempatan ini, kita tidak mengetahui antara itik serta bebek, mengingat pada umumnya proses budidayanya relatif sama.



Harga Bibit Bebek Unggul


Jl. Dr. Moh. Hatta No.4, Kota Blitar, Jawa Timurckquote>

0852 0444 2226 / 0852 0444 2224
q

Harga Bibit Bebek Unggul

Harga Bibit Bebek Unggul


Jaman sekarang udah ada bebek teristimewa pedaging serta bebek petelur. akan tetapi pada kenyataannya peternak di Indonesia membudidayakan bebek untuk diambil kedua-duanya, baik telur atau dagingnya. tidak seperti ternak ayam yang sudah benar-benar spesifik serta tdk bisa disamakan pada budidaya ayam petelur dengan ayam pedaging.

Kenal beberapa jenis bebek
Bebek Jawa
bebek jawa yaitu bebek lokal asi Indonesia. bebek ini banyak dibudidayakan di Pulau Jawa. menjadi bebek lokal, bebek jawa cukuplah produktif dalam menghasilkan telur. Dalam satu tahun bebek ini dapat bertelur 250-300 butir. bebek bisa mulai bertelur pada usia 5-6 bulan, dan terus produktif hingga usia 2 tahun.
Bebek Kalimantan
bebek Kalimantan atau juga dikenal dengan nama alabio adalah satu diantaranya jenis bebek yang banyak dibudidayakan. memang ada jenis bebek kalimantan beda ialah bebek nunukan. tetapi tdk begitu digemari banyak orang dibandingkan bebek alabio. bebek Alabio ukuran tubuhnya tambah besar dibanding bebek jawa. bebek betina berwarna kuning keabu-abuan. Ujung bulu dibagian sayap, dada, leher dan kepala berwarna hitam. bebek Alibio jantan sekujur tubuhnya berwarna abu-abu kehitaman. Telur bebek alibio semakin besar dibandingkan bebek Jawa. kebolehan bertelur bebek ini berkisar 150-225 butir per tahun.
Bebek Bali
Sesuai namanya bebek ini datang dari Bali. Konon awalnya berupa bebek liar yang didomestikasi petani ditempat untuk dijinakan. bebek bali mempunyai warna tubuh yg beraneka. kapabilitas bertelurnya lebih dikit dibanding bebek jawa dan bebek alabio, sekitar 140-145 butir per tahun. bebek bali baru dapat bertelur dengan normal setelah berusia 23-24 minggu.
Indian Runner
bebek indian runner berasal dari Belanda serta Belgia. bebek model ini pas dibudidayakan di ikilm Indonesia. Bahkan banyak yang memandang jadi bebek asli Indonesia. Bentuk tubuh bebek indian runner mirip dengan bebek jawa, ramping serta berjalan tegak seperti botol. Warna tubuhnya kecoklatan. Produksi telurnya 150-250/musim.
Bebek pedaging
Disamping beberapa jenis bebek di atas, terdapat bebek beragam model bebek pedaging. Atau biasa pun disebut bebek, yaitu bebek peking, bebek aylesbury dan bebek muscovi.
Persiapan kandang bebek
Ternak bebek dapat dilaksanakan dengan metode penggembalaan atau sistem kandang. di dalam semakin sulitnya area penggembalaan, kini banyak peternak banyak yg berganti ke skema kandang. udah banyak peternak yang perlihatkan dengan skema kandang, budidaya bebek tetap produktif bertelur. dibawah ini banyak hal yang wajib jadi perhatian dalam upaya ternak bebek.

a. Sistem budidaya
Seperti telah disinggung sebelumnya, terdapat dua sistem ternak bebek ialah sistem penggembalaan serta cara kandang. Kedua sistem tersebut memilik plus minusnya sendiri-sendiri. Metode penggembalaan banyak difungsikan oleh para peternak tradisionil, misalnya beberapa peternak di daerah pantai utara Jawa.

Dengan mode penggembalaan pengeluaran untuk pakan dapat lebih irit. Bebek mencari sendiri pakan yang berada di alam, seperti tumbuh-tumbuhan, cacing dan lain-lain. kebanyakan mutu telur yg dibuat dengan mode penggembalaan lebih baik, warna kuning telurnya sempurna. Bila di proses menjadi telur asin benar-benar baik.

Hanya saja langkah ini belum pula tentu dapat ditempatkan di semua tempat. Mengingat makin kurangnya lahan dan tenaga kerja penggembala yang sukar didapatkan, sistim ini makin tdk popular. Di sisi lain, cara budidaya dengan kandang udah semakin maju. sejumlah praktek ternak bebek dalam kandang tunjukkan produktivitas yang tdk kalah baik. mutu telur yang dihasilkan dapat dikontrol dengan pemberian pakan yg pas. ada sejumlah type kandang untuk ternak bebek, selanjutnya penjelasannya:

Kandang jenis pekarangan. model kandang ini berbentuk pekarangan yg sekelilingnya di pagari. Bebek beraktivitas seperti makan, minum, berenang dalam lingkungan tersebut . Kandang ini punya sifat terbuka, tapi disediakan kandang buat berteduh. apabila malam tiba atau hujan, bebek bisa masuk untuk berteduh ke dalam kandang.
Kandang terkurung atau model postal. Berupa sebuah bangunan besar yang mimiliki atap serta dinding. Dinding biasanya terbuat dari kisi-kisi bambu. Bebek dibiarkan berkeliaran dalam lingkungan kandang. Dalam kandang di tempatkan bermacam fasilitas seperti tempat pakan, minum atau kalaupun sangat mungkin kolam berenang. Dasar kandang bisa berbentuk tanah atau semen yang diberi sekam padi.
Kandang model baterai. Dalam kandang ini 1-2 bebek ditempatkan dalam kotak yg terpisah. Biasanya dibuat dari kisi-kisi bambu, serupa pada budidaya ayam petelur mendalam. Kandang type baterei bisa di letakkan di dalam atau luar area. Dengan jenis kandang baterei, tidak disajikan kolam untuk berenang.
b. Menentukan tipe kandang
Tipe kandang seperti apa yang pas buat saya? mungkin itu pertanyaan yg berada di akal pembaca. Pemilihan tipe kandang benar-benar berkenaan dengan ketersediaan sumber daya seperti, area, luas area, tenaga kerja dan modal. Berikut soal yang perlu diperhitungkan dalam memilih jenis kandang.

jika tempat yang tersedia cukup luas bisa dipertimbangkan kandang model pekarangan. Kandang ini membutuhkan tempat yang luas, akan tetapi investasi untuk pembuatan kandang bisa ditekan karena aktivitas bebek dapat dihabiskan di pekarangan. Kandang pekarangan pas dipraktekkan pada terak bebek semi sungguh-sungguh.
kalau area yg tersedia terbatas, bisa diperhitungkan type kandang terkurung atau type baterei. Kandang tipe ini relatif tidak membutuhkan tempat luas, namun biaya pembuatan kandangnya lumayan besar. Kandang model ini sesuai untuk budidaya mendalam.
pikirkanlah juga tujuan ternak bebek. Bila fokus pada produksi telur dan daging, mode tekurung dan baterei dapat dipakai. akan tetapi apabila mempunyai tujuan untuk pembibitan/reproduksi, baiknya pikirkanlah tipe pekarangan atau kandang terkurung, dimana di dalamnya disediakan layanan kolam buat berenang.
menentukan bibit bebek
buat hasil ternak bebek yg optimal, seharusnya muai dengan pilih bibit yg baik. Ada tiga metode buat mendapat bibit bebek, yakni:

Membeli telur tetas dari induk bebek yg bisa dibuktikan kwalitasnya. Telur ditetaskan sendiri dengan inkubator.
menghasilkan sendiri telur dengan mengawinkan indukan jantan dan betina. masalah ini bisa dijalankan jika kita punyai bibit yg berkualitas, dan miliki fasilitas pembibitan sendiri.
beli Day Old Duck (DOD) dari toko peternakan atau peternak lain.
Pakan ternak bebek
Ternal bebek baik untuk maksud peterlur atau pedaging perlu pakan yang memiliki kualitas. Pada bebek petelur, mutu telur yang dibuat terkait dengan style pakan yg diberikan. Berikut ini beberapa jenis pakan bebek.

a. Model pakan
Ada dua model pakan ternak bebek, yaitu pakan alami serta pakan konsentrat (pabrikan). Pakan alami bisa berwujud keong serta kepaa udang. dan pakan konsentrat bisa di beli dipabrik, atau untuk menghemat dapat diramu sendiri.

apabila kita membeli pakan dari pabrik, sedikitnya terdapat tiga type pakan untuk masing-masing tahap pertumbuhan. babak awal diperuntukkan bagi bebek berusia 0-8 minggu, sesi grower untuk umur 8-18 minggu serta sesi layer umur 18-27 minggu. Pakan fase awal setidaknya memiliki kandungan protein 20-22%, sesi grower 17-19% serta fase layer 15-17%.

Pakan konsentrat dapat diramu dari berabagi bahan. Syaratnya ramuan itu memenuhi kandungan protein sedikitnya dan pas buat pakan unggas. Berikut satu diantaranya contoh pakan konsentrat yg diramu sendiri.

Bahan baku Awal (prosen) Grower (%) Layer (persen)
Jagung giling 25 20 15
Dedak halus 40 50 60
Ubi kayu 5 5 5
Tepung ikan 20 15 10
Bungkil kelapa 5 5 5
Bungkil kedelai 5 5 5

b. Trik pemberian pakan
Trik berikan pakan pada bebek yang baru netas hingga berusia 21 hari baiknya disiapkan dalam baki pakan (tray feeder). Sedangkan untuk bebek diatas 21 hari dapat ditebar dilantai dan diberikan secara tiada henti. Demikian juga dengan pembrian air minum, untuk anak bebek 0-7 hari baiknya imbuhkan vitamin pad air minum. lalu air minum disediakan dalam wadah khsus dalam kandang lewat cara terus terusan. di bawah ini tabel jumlahnya pakan ternak bebek:

usia (minggu) Jumlah (gr) Umur (minggu) Jumlah (gr)
1 15 12 76
2 30 13 76
3 40 14 70
4 60 15 70
5 65 16 80
6 70 17 80
7 70 18 85
8 72 19 90
9 74 20 90
10 74 21 90
11 75 22 100
Harga Bibit Bebek Unggul




Harga Bibit Bebek Unggul


Jl. Dr. Moh. Hatta No.4, Kota Blitar, Jawa Timur


0852 0444 2226 / 0852 0444 2224

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Harga Bibit Bebek Peking Medan

Harga Bibit Bebek Sayur

Jual Bibit Bebek Kediri