Harga Bibit Bebek Sayur

Harga Bibit Bebek Sayur


Harga Bibit Bebek Sayur - Hubungi kami dengan Telp 085204442226 Jual Bibit Ayam Joper Berkualitas. Seluruh wilayah jawa bisa kirim langsung sampai kandang bayar setelah sampai. Luar jawa kirim via cargo pesawat.

Ternak bebek waktu ini semakin populer. Permintaan pada daging bebek terus makin bertambah. dulu peternak bebek lebih fokus pada produksi telur, sedang daging cuma untuk produk samping. Daging bebek dipanen sehabis periode produktifitas bertelurnya habis. saat ini banyak ternak bebek yg mengarah pada daging.
Masyarakat umum umumnya merasa sama antara itik serta bebek. Padahal sebenarnya terdapat sedikit ketaksamaan pada itik dengan bebek. Itik mempunyai ciri tubuh lebih ramping, berjalan tegak, tubuhnya mirip botol dan gerakannya tangkas. Sedangkan bebek tubuhnya lebih lebar, berjalan horizontal serta gerakannya lambat. Namun dalam ulasan kali ini, kita tidak memilah pada itik serta bebek, mengingat secara umum proses budidayanya relatif sama.



Harga Bibit Bebek Sayur


Jl. Dr. Moh. Hatta No.4, Kota Blitar, Jawa Timurckquote>

0852 0444 2226 / 0852 0444 2224
q

Harga Bibit Bebek Sayur

Harga Bibit Bebek Sayur


Jaman sekarang sudah ada bebek spesial pedaging serta bebek petelur. akan tetapi pada kenyataannya peternak di Indonesia membudidayakan bebek untuk diambil keduanya, baik telur maupun dagingnya. tdk seperti ternak ayam yang sudah spesifik serta tidak bisa disamakan antara budidaya ayam petelur dengan ayam pedaging.

Mengenal beberapa jenis bebek
Bebek Jawa
bebek jawa ialah bebek lokal asi Indonesia. bebek ini banyak dibudidayakan di Pulau Jawa. Sebagai bebek lokal, bebek jawa cukup produktif dalam membuahkan telur. Dalam 1 tahun bebek ini dapat bertelur 250-300 butir. bebek dapat mulai bertelur pada usia 5-6 bulan, dan masih produktif hingga usia 2 tahun.
Bebek Kalimantan
bebek Kalimantan atau dikenal juga dengan nama alabio merupakan satu diantaranya model bebek yang banyak dibudidayakan. sesungguhnya ada jenis bebek kalimantan berbeda ialah bebek nunukan. Namun tdk demikian popular dibandingkan bebek alabio. bebek Alabio ukuran tubuhnya lebih besar ketimbang bebek jawa. bebek betina berwarna kuning keabu-abuan. Ujung bulu pada sisi sayap, dada, leher dan kepala berwarna hitam. bebek Alibio jantan sekujur tubuhnya berwarna abu-abu kehitaman. Telur bebek alibio tambah besar dibanding bebek Jawa. kebolehan bertelur bebek ini sekitar 150-225 butir per tahun.
Bebek Bali
Sesuai dengan namanya bebek ini datang dari Bali. Konon sebelumnya berwujud bebek liar yang didomestikasi petani setempat buat dijinakan. bebek bali miliki warna tubuh yang beraneka. kekuatan bertelurnya lebih sedikit dibanding bebek jawa dan bebek alabio, lebih kurang 140-145 butir per tahun. bebek bali baru dapat bertelur dengan normal sehabis berumur 23-24 minggu.
Indian Runner
bebek indian runner datang dari Belanda dan Belgia. bebek model ini cocok dibudidayakan di ikilm Indonesia. Bahkan banyak yang memandang menjadi bebek asli Indonesia. Bentuk tubuh bebek indian runner menyerupai dengan bebek jawa, ramping serta berjalan tegak seperti botol. Warna tubuhnya kecoklatan. Produksi telurnya 150-250/musim.
Bebek pedaging
Disamping beberapa jenis bebek diatas, ada bebek bermacam model bebek pedaging. Atau biasa juga disebut bebek, yaitu bebek peking, bebek aylesbury serta bebek muscovi.
Persiapan kandang bebek
Ternak bebek dapat dikerjakan dengan langkah penggembalaan atau langkah kandang. ditengah semakin sulitnya tempat penggembalaan, saat ini beberapa peternak banyak yang berganti ke metode kandang. udah banyak peternak yg membuktikan dengan mode kandang, budidaya bebek masih produktif bertelur. Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam usaha ternak bebek.

a. Metode budidaya
Seperti sudah disinggung sebelumnya, terdapat dua cara ternak bebek ialah cara penggembalaan dan sistim kandang. Kedua sistem tersebut memilik plus minusnya sendiri-sendiri. sistim penggembalaan banyak dipakai oleh para peternak tradisionil, contohnya beberapa peternak di daerah pantai utara Jawa.

Dengan mode penggembalaan pengeluaran untuk pakan dapat lebih irit. Bebek mencari sendiri pakan yang berada di alam, seperti tumbuh-tumbuhan, cacing dan lain-lain. rata-rata kualitas telur yg dibuat dengan sistem penggembalaan lebih baik, warna kuning telurnya sempurna. Bila diolah jadi telur asin sangat baik.

Hanya saja cara ini belumlah tentu dapat dipraktekkan di semua tempat. Mengingat bertambah kurangnya lahan dan tenaga kerja penggembala yang susah diperoleh, cara ini semakin tidak populer. di lain bagian, langkah budidaya dengan kandang telah kian maju. Beberapa praktik ternak bebek dalam kandang membuktikan produktivitas yang tak kalah baik. mutu telur yg dihasilkan dapat diatur dengan pemberian pakan yang tepat. ada sejumlah jenis kandang untuk ternak bebek, tersebut pembicaraannya:

Kandang jenis pekarangan. Tipe kandang ini berwujud pekarangan yang sekelilingnya di pagari. Bebek mengerjakan aktivitas seperti makan, minum, berenang dalam lingkungan itu. Kandang ini berwujud terbuka, tapi disediakan kandang untuk berteduh. apabila malam tiba atau hujan, bebek dapat masuk untuk berteduh ke dalam kandang.
Kandang terkurung atau type postal. berwujud satu bangunan besar yang mimiliki atap dan dinding. Dinding biasanya terbuat dari kisi-kisi bambu. Bebek dilewatkan berkeliaran dalam lingkungan kandang. Dalam kandang di tempatkan beberapa fasilitas seperti tempat pakan, minum atau jika memungkinkan kolam berenang. Dasar kandang bisa berbentuk tanah atau semen yang ditaburi sekam padi.
Kandang tipe baterai. Dalam kandang ini 1-2 bebek di letakkan dalam kotak yang terpisah. kebanyakan dibikin dari kisi-kisi bambu, sebagaimana pada budidaya ayam petelur mendalam. Kandang model baterai dapat ditempatkan di atau luar ruangan. Dengan model kandang baterei, tdk disajikan kolam buat berenang.
b. Pilih type kandang
Jenis kandang seperti apa yang pas untuk saya? mungkin itu pertanyaan yg berada di akal pembaca. Pemilihan type kandang begitu terkait dengan tersedianya sumber daya seperti, lokasi, luas tempat, tenaga kerja dan modal. selanjutnya soal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih jenis kandang.

kalau lahan yang ada cukuplah luas bisa diperhitungkan kandang tipe pekarangan. Kandang ini memerlukan lahan yang luas, namun investasi buat pembuatan kandang dapat ditekan lantaran aktivitas bebek akan dihabiskan di pekarangan. Kandang pekarangan cocok dipraktekkan pada terak bebek semi intens.
Bila lahan yang ada hanya terbatas, bisa dipertimbangkan type kandang terkurung atau jenis baterei. Kandang type ini relatif tdk butuh lahan luas, tapi cost pembuatan kandangnya lumayan besar. Kandang model ini sesuai buat budidaya intensif.
pikirkanlah juga arah ternak bebek. kalau fokus pada produksi telur serta daging, metode tekurung dan baterai dapat diperlukan. namun kalau mempunyai tujuan untuk pembibitan/reproduksi, baiknya pertimbangkan model pekarangan atau kandang terkurung, dimana di dalamnya disediakan sarana kolam untuk berenang.
Memilih bibit bebek
untuk hasil ternak bebek yg optimal, semestinya muai dengan menentukan bibit yang baik. Ada tiga trik untuk memperoleh bibit bebek, yaitu:

beli telur tetas dari induk bebek yang bisa dibuktikan kwalitasnya. Telur ditetaskan sendiri dengan inkubator.
menghasilkan sendiri telur dengan mengawinkan indukan jantan serta betina. Hal ini bisa dilakukan kalau kita mempunyai bibit yang berkualitas, serta memiliki fasilitas pembibitan sendiri.
Membeli Day Old Duck (DOD) dari toko peternakan atau peternak lain.
Pakan ternak bebek
Ternal bebek baik buat tujuan peterlur atau pedaging butuh pakan yg bermutu. Pada bebek petelur, kualitas telur yg dibuat bergantung dengan type pakan yang diberikan. Berikut ini beberapa jenis pakan bebek.

a. Tipe pakan
Ada dua tipe pakan ternak bebek, yaitu pakan alami serta pakan konsentrat (pabrikan). Pakan alami dapat berbentuk keong serta kepaa udang. Sedangkan pakan konsentrat bisa di beli dipabrik, atau buat mengirit dapat diramu sendiri.

Bila kita membeli pakan dari pabrik, minimal terdapat tiga type pakan buat masing-masing tahap pertumbuhan. tahap awal diperuntukkan buat bebek berusia 0-8 minggu, tahap grower untuk umur 8-18 minggu serta babak layer umur 18-27 minggu. Pakan tahap awal semestinya miliki kandungan protein 20-22%, sesi grower 17-19% dan fase layer 15-17%.

Pakan konsentrat dapat diramu dari berabagi bahan. Syaratnya ramuan tersebut memenuhi kandungan protein sedikitnya dan sesuai untuk pakan unggas. Berikut salah satunya contoh pakan konsentrat yang diramu sendiri.

Bahan baku Awal (persen) Grower (%) Layer (prosen)
Jagung giling 25 20 15
Dedak halus 40 50 60
Ubi kayu 5 5 5
Tepung ikan 20 15 10
Bungkil kelapa 5 5 5
Bungkil kedelai 5 5 5

b. Trik pemberian pakan
Trik berikan pakan pada bebek yang baru netas sampai berumur 21 hari sebaiknya disiapkan dalam baki pakan (tray feeder). sedang untuk bebek diatas 21 hari bisa disebar dilantai serta dikasihkan dengan cara terus menerus. Demikian juga dengan pembrian air minum, untuk anak bebek 0-7 hari seharusnya imbuhkan vitamin pad air minum. lalu air minum disiapkan dalam wadah khsus di dalam kandang dengan cara tiada henti. di bawah ini tabel jumlah pakan ternak bebek:

usia (minggu) Jumlah (gr) Umur (minggu) Jumlah (gr)
1 15 12 76
2 30 13 76
3 40 14 70
4 60 15 70
5 65 16 80
6 70 17 80
7 70 18 85
8 72 19 90
9 74 20 90
10 74 21 90
11 75 22 100
Harga Bibit Bebek Sayur




Harga Bibit Bebek Sayur


Jl. Dr. Moh. Hatta No.4, Kota Blitar, Jawa Timur


0852 0444 2226 / 0852 0444 2224

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Harga Bibit Bebek Peking Medan

Jual Bibit Bebek Kediri